Friday, July 13, 2012

Cara Membuat Kerupuk Udang Khas Cirebon


Cara Membuat Kerupuk Udang Khas Cirebon
  
Pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai cara mudah membuat krupuk udang khas Cirebon, karena saya sendiri memang asli dari cirebon hehe… kenapa saya pilih cirebon?? selain kota tempat saya di lahirkan, ada kekayaan alam yang khas sekali di cirebon yaitu kekayan lautnya berupa limpahan udang salah satunya, selain kekayaan alam lainnya yang ada di kota yang diberi julukan kota udang ini.
Sebagai langkah awal pastinya kita harus mempersiapkan bahan – bahannya dulu, apa saja bahan yang diperlukan dalam pembuatan kerupuk udang khas cirebon ini?? cukup mudah kok yaitu :
1. Tepung tapioka/pati ubi                              : 2 ½ kg
2. Tepung terigu                                                   : 2 ½  kg
3. Udang yang sudah dibuang kepala
dan kulitnya                                                            :     1  kg
4. Garam dapur                                                      :    2  ons
5. Air bersih                                                            :    10 liter
6. Bawang putih                                                     :     ½ ons
7. Moto/vetsin                                                      :     ½ ons
8. Bleng                                                                    :      1 ons

Cara membuatnya gampang kok yaitu :
1.   Garam dapur dan bawang putih dihaluskan dengan jalan ditumbuk yang halus.
2.  Udang yang sudah dibuang kepala dan kulitnya dicuci yang bersih terus ditumbuk bersama dengan tumbukan bawang putih dan garam tadi sampai halus betul.
3.  Ramuan b diatas, moto/vetsin dan bleng dijadikan satu kemudian dicampur dengan air 10 liter sampai semuanya benar – benar larut.
4.  Tepung tapioka/pati ubi dan tepung terigu dijadikan satu kemudian dicampur dengan larutan c. Caranya adonan tersebut diaduk – aduk dengan tangan sambil diremas – remas terus ( tentunya tangan harus bersih ya… hehe… ) barangkali ada tepung tapioka/pati ubi atau tepung terigu yang belum hancur.
5.  Adonan tersebut dimasukkan kedalam kantong plastik yang tebal ( plastik ukuran ¼ kg ) kemudian diikat yang kuat dengan karet, kalau sudah terkumpul banyak terus direbus dengan air mendidih kurang lebih 1½ jam.
Sesudah matang kita tiriskan dan kupas plastiknya (ket: misalnya kita mengupasnya sore, paginya sudah dapat diiris – iris. Atau kalau mengupasnya pagi, bahan kerupuk yang sudah matang tadi kita jemur sebentar kurang lebih ½ hari menjemurnya dan dibolak – balik supaya tidak berair ( keset ).
6.  Kemudian yang terakhir kita iris – iris tipis dengan pisau yang tipis dan tajam lalu dijemur samapi benar – benar kering. Kalau akan diperdagangkan masukkan kedalam plastik dipasangi label menurut selera atau kebutuhan.
Kerupuk udang yang dikerjakan diatas tadi adalah termasuk yang paling enak ( nomor 1 ) Kalau ingin memperoleh keuntungan yang lebih besar kita membuat kualitas krupuk yang diperdagangkannya yaitu yang berkualitas nomor 2 dengan resep seperti diatas hanya tidak usah ditambah dengan udang karena tanpa memakai udangpun rasanya sudah enak karena bawang putih dan moto/vetsinnya juga sudah membuat kerupuk terasa sedap dan gurih.
Demikian cara membuat kerupuk udang khas cirebon, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca web saya ini dan bisa dijadikan bahan untuk membuat usaha sendiri atau home industri khususnya dari bahan yang khas dari cirebon. Pada postingan berikutnya akan saya bahas lebih banyak lagi tentang home industri yang lainnya, semoga bermanfaat. Salam kenal dari penulis : Isa “Mahesa” Maulana.

No comments:

Post a Comment

pertanian tugas

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...