Tuesday, September 25, 2012

Durian Sawerigading

Durian Asal Palopo Resmi Bernama Durian Sawerigading
Pelaksanaan pelatihan ini juga di maksudkan untuk meningkatkan dan memberikan pemahaman secara utuh tentang pengembangan durian sawerigading


Walikota Palopo HPA Tenriadjeng menegaskan jika salah satu buah-buahan asal kota Palopo yakni Durian Palopo saat ini telah dikenal luas masyarakat se-Indonesia. Bahkan, jenis durian Palopo telah diberi nama resmi oleh Dirjen Pertanian RI dengan nama Durian Sawerigading.
Apa yang membedakan durian Sawerigading ini dengan durian lainnya? Tenriadjeng menjelaskan jika keunikan durian Sawerigading ini atau dalam bahasa lokal dikenal dengan nama Durian Lompo tele ini, yakni memiliki daging yang tebal dan buah kecil. Selain itu, dari daunnya saja, sudah tercium aroma khas durian.
“Durian Palopo ini sudah begitu terkenal diluar, bahkan, sejumlah pedagang durian di luar Palopo sering member label Durian Sawerigading atau Durian Palopo untuk membuat laku durian mereka,” ujar Tenriadjeng saat membuka pelatihan sekolah lapang khusus pengembangan durian sawerigading yang di laksanakan di Aula Kantor Camat Mungkajang, Rabu (25/5/11).
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Palopo Abdullah memberian gambaran bahwa Dirjen Pertanian sangat mengharapkan pengembangan akan durian sawerigading ini, sehingga pihaknya di harapkan dapat memberikian pelatihan untuk pengembangan durian tersebut.
Menurutnya, lokasi pengembangan kegiatan ini akan dilakukan di kawasan wisata Latuppa, sebagai daerah asal durian tersebut yang memang sudah di kenal sebagai daerah penghasil durian di wilayah Kota palopo.
Pelaksanaan pelatihan ini juga di maksudkan untuk meningkatkan dan memberikan pemahaman secara utuh tentang pengembangan durian sawerigading tersebut. Pelaksanaan kegiatan ini akan berlangsung Mei hingga Desember mendatang di Kelompok Tani Buntu Mungkajang, Kelurahan Murante, Kecamatan mungkajang Kota Palopo.
“Peserta pelatihan sebanyak 25 orang terdiri dari pengurus dan anggota kelompok tanu Buntu Mungkajang dengan pemandu sebanyak 11 orang  degan materi diantaranya Good Agricultura Prascites (GAP) Standar Operasional Prosedure  (SOP),” ungkapnya.
Camat Mungkajang, Kamaluddin mengungkapkan bahwa dengan adanya pelatihan ini, diharapkan ke depan daerah wisata Latuppa akan semakin di kenal keluar apalagi dengan keberadaan durian sawerigading. (ha/ar).
sumber:http://www.luwuraya.com/index.php/site/detailnews/1232/Durian-Asal-Palopo-Resmi-Bernama-Durian-Sawerigading/.(klik link berikut untuk mendapatkan info lainnya).

No comments:

Post a Comment

pertanian tugas

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...