Monday, October 15, 2012

LABORATORIUM KULTUR JARINGAN

LABORATORIUM KULTUR JARINGAN CV. AGRI BIO TECH JOGJAKARTA
Disunting oleh : Agung Surono, S.Si.

PROFIL PERUSAHAAN :

CV. Agri Bio Tech adalah perusahaan yang berada di Jl. Jambon No. 605 Jatimulyo Kricak Jogjakarta dan bergerak di bidang jual-beli bahan kimia dan alat kesehatan serta alat laboratorium khususnya yang berhubungan dengan Kultur Jaringan Tumbuhan dan Bioteknologi.
CV. Agri Bio Tech mulai berdiri tahun 2006 akan tetapi berjalan dengan konsisten pada tanggal 3 Maret 2008.

Selain bergerak di bidang penjualan bahan dan alat juga memiliki laboratorium kultur jaringan tumbuhan dan selama ini sudah mengerjakan kultur jaringan pisang, jeruk, tanaman mangrove, anggrek, jarak, dan ke depan akan mengarah ke kultur kentang.

Ruang tamu CV. Agri Bio Tech

Ruang steril yang digunakan untuk menanam eksplan dan inkubasi. Ini adalah ruang inkubasi lama di tahun 2008 dan karena bertambahnya volume pekerjaan dirasa ruang ini kurang cukup besar lalu dipindahlah ruang steril ini di bangunan yang baru.

Ruang steril lama saat ini telah beralih fungsi dan digunakan sebagai ruang staff pemasaran merangkap peneliti kultur jaringan tumbuhan.
Ruang steril yang baru pindah di bangunan yang baru. Lebih luas yang memungkinkan pekerjaan kultur jaringan yang memenuhi standart laboratorium pada umumnya.

Di dalam ruang steril yang baru tersedia dua alat yang digunakan untuk menanam eksplan yaitu laminar air flow (LAF) dan lemari enkast dimana kalau ada yang kursus nantinya setelah selesai mempunyai pengalaman dan pengetahuan untuk bisa mengerjakan kultur jaringan dengan menggunakan dua alat ini.

Dengan diawaki oleh Achmad Himawan, M. Si selaku Direktur CV. Agri Bio Tech dan juga merangkap menangani penjualan dan laboratorium. Selain itu ada lagi Agung Surono, S.Si yang menangani penjualan merangkap sebagai teknisi laboratorium kultur jaringan tumbuhan. Sedangkan dibalik semua itu masih ada pemilik yang merupakan seorang Guru Besar di Perguruan Tinggi ternama di Jogjakarta.
Jasa atau layanan yang pernah dikerjakan oleh CV. Agri Bio Tech dalam hal ini yang berhubungan dengan kultur jaringan tumbuhan adalah menyediakan bahan kimia dan alat laboratorium termasuk menyediakan berbagai jenis media instan siap pakai dari berbagai merk (seperti Duchefa, Phytotech, Caisson dan MP Bio).
Berbagai macam product bahan untuk keperluan kultur jaringan tumbuhan dengan grade tissue culture tested yang dipasarkan dan digunakan di laboratorium kultur jaringan tumbuhan CV. Agri Bio Tech.

Bahan kimia dari berbagai merk yang dipakai di
laboratoium kultur jaringan CV. Agri Bio Tech dengan grade tissue culture tested

CV. Agri Bio Tech pada awalnya sering melakukan penelitian mandiri yang hasilnya peneliti an mandiri tersebut dipresentasikan di Seminar Nasional maupun Internasional di berbagai Perguruan Tinggi swasta di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Tempat untuk preparasi media kultur jaringan tampak bersih dan rapi.

Bagi peneliti maupun peserta kursus yang menggunakan fasilitas di laboratorium kultur jaringan tumbuhan disediakan tempat duduk beserta meja yang nyaman.

Tempat penyimpanan alat pecah belah dan peralatan laboratorium lainnya.

Halaman samping CV. Agri Bio Tech yang dimanfaatkan untuk koleksi tanaman yang akan digunakan sebagai eksplan kultur jaringan tumbuhan

HASIL BUDIDAYA KULTUR JARINGAN TUMBUHAN :

Persiapan penanaman yang dilakukan di laminar air flow (LAF)

Tahapan inisiasi tunas dari eksplan yang ditanam di media kultur
Tahapan multiplikasi tunas dari eksplan yang ditanam di media kultur
Tahapan subkultur dilanjutkan perakaran tunas dari eksplan yang ditanam di media kultur

Tanaman pisang hasil kultur yang sedang diaklimatisasi
Hasil kultur pisang ambon yang dilakukan di CV. Agri Bio Tech.

Budidaya anggrek yang dikerjakan di laboratorium kultur jaringan CV. Agri Bio Tech

PENELITIAN :
Juga menyediakan jasa penelitian dimana CV. Agri Bio Tech pernah membimbing mahasiswa dari Universitas Diponegoro yang menggunaakan laboratorium kultur jaringan tumbuhan CV. Agri Bio Tech untuk melakukan penelitian kultur jaringan tentang perbanyakan tanaman mangrove dari jenis Aviccennia officinalis dan saat ini sudah selesai menempuh ujian skripsis dan tinggal menunggu revisi dan wisuda.

Mahasiswa dari Universitas Diponegoro yang melakukan penelitian kultur jaringan di CV. Agri Bio Tech.
Selain itu juga mengerjakan penelitian milik dosen salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jogjakarta yang menggunakan jarak (Jatropha curcas) sebagai eksplannya dan juga sudah selesai laporan penelitiannya.

Hasil kultur kalus Jarak (Jatropha curcas) yang dilakukan di CV. Agri Bio Tech oleh dosen salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta.

KURSUS BUDIDAYA KULTUR JARINGAN TUMBUHAN :
Dan melakukan kursus privat. Dan kursus yang pernah dilaksanakan dengan peserta dari Surabaya yang sedang merintis laboratorium kultur jaringan untuk tanaman hias impor di Bali.
Kegiatan kursus di laboratorium kultur jaringan tumbuhan mempunyai tujuan untuk :
Memperkenalkan dan memberikan ketrampilan di bidang kultur jaringan tumbuhan.
Memberikan wawasan yang luas mengenai dunia kultur jaringan tumbuhan.
Waktu : disesuaikan dengan keinginan peserta kursus (fleksibel).
Tempat kursus : Laboratorium kultur jaringan tumbuhan CV. Agri Bio Tech Jl. Jambon No. 605 Jatimulyo Kricak Tegalrejo Yogyakarta.
Untuk informasi biaya kursus kultur jaringan tumbuhan ada beberapa pilihan lama waktu kursus, adapun pilihan lama waktu kursus dan biayanya adalah sebagai berikut :
1. Paket kursus selama 3 hari dengan biaya Rp 750.000,-
2. Paket kursus selama 1 minggu dengan biaya kursus Rp 1.850.000,-

Biaya pendaftaran dibayarakan saat mendaftar atau ditransfer ke rekening BNI 1946 Cabang UGM Yogyakarta atas nama Achmad Himawan, No. Rekening 0098936273 (atanda bukti transfer siscan lalu diemail ke agungsurono@yahoo.com.
Adapun materi kursus adalah :
1. Pengenalan Kultur Jaringan Tumbuhan.
2. Pengenalan dan pembuatan Media kultur Jaringan Tumbuhan.
3. Pengenalan dan praktek Sterilisasi Eksplan baik secara fisik maupun kimiawi.
4. Pengenalan teknik yang ada di kultur jaringan tumbuhan dan praktek penanaman eksplan.
5. Pengamatan hasil penanaman eksplan.

Persyaratan peserta :
1. Minimal pendidikan SMA/SMU.2. Jumlah peserta dibatasi maksimal 10 orang.3. Menyerahkan biodata yang dilengkapi dengan 2 buah pas foto ukuran 3 x 4 cm.
Sasaran :
1. Peserta dapat melakukan budidaya kultur jaringan tumbuhan, mulai dari pemilihan media yang sesuai dan pembuatan media, pemilihan ekslan yang akan ditanam, sterilisasi eksplan, mengetahui teknik penanaman eksplan yang benar, pengamatan pertumbuhan eksplan, subkultur, perakaran dan aklimatisasi plantlet ke lapang.
2. Peserta mengetahaaui peluang bisnis budidaya kultur jaringan tumbuhan.
Tempat pendaftaran :
Laboratorium kultur jaringan tumbuhan CV. Agri Bio Tech Jl. Jambon No. 605 Jatimulyo Kricak Tegalrejo Yogyakarta.
Setiap hari Senin - Jum'at jam 08.00 - 16.00.
Contact person :
Foto-foto kegiatan kursus kultur jaringan tumbuhan di CV. Agri Bio Tech :

Peserta kursus kultur jaringan tumbuhan di CV. Agri Bio Tech melakukan penanaman eksplan.

MoU DENGAN PIHAK LUAR PERUSAHAAN :
CV. Agri Bio Tech dalam melakukan penjualan media melakukan pendampingan dan konsultasi dan ini sudah ada hasilnya seorang penganggrek dari Jawa Barat. Dan selain itu sudah terjalin beberapa kerjasama atau Memori of Understanding (MoU) dengan pihak Perguruan tinggi swasta dan ke depan dengan perguruan tinggi negeri.

Suasana penandatanganan MoU dengan pihak Perguruan Tinggi
Selain penelitian mengadakan penelitian kultur jaringan tumbuhan untuk kalangan sendiri, juga menerima mahasiswa penelitian seminar dan skripsi, penelitian dosen baik negeri maupun swasta serta instansi negeri maupun swasta, Laboratorium kultur jaringan tumbuhan CV. Agri Bio Tech juga menerima program magang baik dari Sekolah Menengah Kejuruan bidang Pertanian maupun mahasiswa dari Perguruan Tinggi baik negeri dan swasta.
Mahasiswa magang dari Fakultas Bioteknologi UAJY

Memberi materi tentang kultur jaringan tumbuhan di SMA Negeri 1 Gombong

Foto bersama dengan Teruhisa Hidaka (tengah) yang merupakan Vice President Directur PT. TAKII INDONESIA yang bergerak di bidang pembuatan benih sayur-sayuran.

Ke depan CV. Agri Bio Tech sedang mempersiapkan lahan percontohan bibit pisang hasil kultur jaringan tumbuhan. Dan sementara ini di halaman kantor digunakan untuk koleksi tanaman yang sekiranya ke depan bisa untuk sumber eksplan kultur jaringan yang dilakukan di laboratorium kultur jaringan tumbuhan dan mempunyai nilai ekonomi tinggi dan berkhasiat obat maupun yang lainnya misalkan untuk konservasi tanaman yang dilindungi.

UJI COBA KONSERVASI TANAMAN LANGKA :
Usaha konservasi tanaman langka di laboratorium kultur jaringan CV. Agri Bio Tech

PENUTUP :CV. Agri Bio Tech berusaha memberikan solusi yang tepat mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kultur jaringan baik mengenai bahan, alat, jasa penelitian, kursus, dan magang. Semoga ini semua bisa bermanfaat bagi semuanya.

No comments:

Post a Comment

pertanian tugas

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...