PENERAPAN
MANAJEMEN PADA PERUSAHAAN
PROFIL
PERUSAHAAN ACER
Merupakan
sebuah merek lima besar komputer pribadi dunia. Produk Acer antara lainadalah
desktop, notebook, server, penyimpanan data, layar, peripheral, dan solusi
e-bisnisuntuk bisnis, pemerintah, pendidikan dan pengguna pribadi.Acer
didirikan oleh Stan Shih, istrinya Carolyn Yeh dan sebuah grup dari limaorang
lain yang disebut sebagai Multitech pada tahun 1976 berkantor pusat di Hsinchu
City,Taiwan.Pertama kali didirikan dengan nama Multitech yang didirikan pada
1976, yang kemudiandinamakan Acer pada 1987.
Grup
pan Acer mempekerjakan 39.000 orang di lebih dari 100negara. Pendapatannya pada
2002 adalah US$12,9 miliar. Kantor pusatnya terletak di KotaSijhih, Taipei
County, Taiwan.Acer Inc adalah perusahaan produsen PC dan internet
global-enabler dengan tingkat penjualan internasional yang kuat dan telah
mengalami pertumbuhan yang luar biasa selama20 tahun. Perusahaannya beroperasi
di hampir 40 negara dengan masing-masing unit bisnisdioperasikan sebagai unit
bisnis strategis desentralisasi. Acer Inc menduduki peringkat no.3vendor untuk
total PC dan no.2 notebook, dengan pertumbuhan tercepat di antara 5 peringkat
teratas.
Strength
Acer
memiliki banyak inovasi, seperti Aspire One laptop yang membiarkan pengguna terhubung
ke internet di mana saja dan kapan saja selama 8 jam baterai hidup. Acer
menyajikan seri Tempo Smartphone pada tahun 2009 untuk bersaing di pasar ponsel
danmenuai hasil yang menguntungkan. Pabrik utama Acer terletak di Taiwan dan
memiliki biaya buruh rendah dandistribusi keuntungan di pasar AS dan pasar
Asia. Harga produk Acer yang rendah cukup kompetitif untuk bersaing dengan
pesaing terkuat dan memperoleh pangsa pasar laptop murah.Pada tahun 200 Acer
memulai transformasi untuk pemasaran dan layanan produk IT. Sejak saat itu Acer
telah memperkuat daya saing perusahaan mereka dengan mengadopsi model bisnis
saluran yang unik, yang memungkinkan kontrol kuat dari merek, pemasaran,
teknologidan produk, global logistik, dan layanan kapasitas. Model ini juga
memungkinkan pemahaman yang lebih baik terhadap permintaan konsumen dan
pembagian keuntungan dengan mitra.
Sebagai
akibatnya, Acer meraih peringkat keempat terbesar di duniaa merek PC pada tahun
2005, dan agresif bekerja untuk tempat ketiga yang aman pada 2007.Keunggulan
kompetitif Acer terletak di dalam kekuatan manajemen merek, penjualan
globalyang luas, jaringan pemasaran, pelaksanaan sistem, dan desain IC.Acer
melakukan perluasan global dan peragaman dengan menyebar anak perusahaan
keseluruh dunia. Kelompok anak perusahaan ini memiliki 80 kantor di 38 negara
di seluruhdunia, mempekerjaan lebih dari 16.700 staf dari 50 negara yang
berbeda. Selain itu memiliki perusahaan ³patungan´ dengan mitra lokal, namun
untuk berkembang menjadi perusahaan publik lokal di berbagai negara yang
berbeda Acer dan mitra lokal tetap menjaga merek global.
Fleksibilitas
perusahaan memungkinkan penetrasi pasar menjadi lebih cepat. FleksibilitasAcer
adalah karena meskipun melakukan pemasaran di banyak negara yang berbeda
dengankarakteristik yang berbeda, Acer tetap dapat memuaskan permintaan pelanggannya
denganmenggunakan pemasok nasional. Selain itu, anak perusahaan terus menerus
memperbaruiinformasi pasar yang relevan. Pengambilan keputusan yang cepat dapat
berarti efisiensi perputaran waktu. Perputaran waktu dari ide untuk pasar turun
ke hanya satu atau dua bulanmembantu Acer mencapai omset yang cukup tinggi
hingga 34% dari ekuitas
Berkat
hal ini, Acer dapat menawarkan produk- produk terbaru sebelum perusahaan
lain.Kekuatan terakhir yang dimili oleh Acer Inc. Adalah status keuangan yang
sehat, dengan pendapatan mencapai US$9,7 milyar di tahun 2005
Kelemahan:
PC, laptop dan pasar ponsel sangat kompetitif dan memerlukan inovasi sering
untuk menjaga atau melebihi harapan 2019% pelanggan. Laptop pelanggan
mengharapkan fungsi barudan peningkatan daya komputasi setidaknya sekali setiap
tahun. Inovasi dan perubahan permintaanpasar kebutuhan rantai pasokan yang kuat
dan fleksibel untuk mengeksekusi inovasi yang sukses dan mengantarkan mereka ke
pasar sebelum kompetisi.Manajer internasional yang berpengalaman dan perbedaan
budaya antara staf nasional daninternasional mengakibatkan akses yang memadai
ke pusat-pusat distribusi. 'Luar kadang-kadangditemukan sulit berurusan dengan
seluk-beluk Acer organisasi' dan ' orang-orang dari negara-negaramaju cenderung
merasa mereka tahu lebih baik daripada headquarters.
Gambar
Taiwan sebagai biaya rendah, low-end produk produsen merusak nama dan gambar
dariAcer. Taiwan industri dianggap sebagai bukan sebagai kualitas produk
pemasok. Sebagai contoh: 'Taiwan reputasi untuk produk-produk low-end',
'Konsumen tidak percaya perusahaan Taiwanmampu teknologi canggih' dan 'Membuat
di Taiwan' memiliki kualitas rendah dan harga rendahpersepsi. (Mintzberg,
Lampel, Quinn, & amp; Ghosal, 2003, p. 219) ini mempengaruhi perusahaankualitas
gambar.Pelanggan tidak menyadari Acer merek. Perusahaan masih menderita dari
kesadaran merek rendahdi AS meskipun posisi top-sepuluh. Berkontribusi
kesadaran merek rendah, Acer mungkinmembingungkan konsumen dengan terlalu luas
dari berbagai produk.Peluang: Acer menggunakan memberikan yang handal u2019s %
PC dan laptop dengan harga yangkompetitif. Model catatan pasar yang sama akan
berguna untuk memasuki pasar pembaca e-bookdan pasar iPad
Acer
akan menjadi pesaing yang baik di pasar pembaca e-book dan memiliki kemampuan
untuk memasuki pasar baru dari memperoleh produsen yang ada. Acer ini sukses
dalammemperoleh Gateway ,eMachines dan Packard bell (Acer Inc, 2010).
Keberhasilan ini akanmembantu Acer untuk mengintegrasikan aset yang ada atau
membuat baru pabrik produser eReders atau produk sejenis itu iPad fungsi. Acer
dapat juga bersaing di pasar Asia dengan menggunakan model harga rendah. Pasar
Asia sangat besar dan akan mengkonsumsi banyak Acer % u2019s produk jika
dipasarkan dengan baik.Meningkatkan kesadaran merek Acer. Perusahaan berada
dalam posisi yang baik untuk menciptakanmerek terkenal di semua pasar karena
telah mengembangkan struktur di seluruh pasar. 'Gunakan joint venture untuk
membangun kemampuan internasional... dan membantu meningkatkankesadaran merek
Acer'.
Menggunakan
basis luas produk menempatkan Acer di posisi baik karena dari konvergensi saat
ini pasar elektronik konsumen dan komputer.Struktur perusahaan diatur untuk
kemungkinan kembalinya ke akar-akarnya. Bahkan pikirperusahaan ingin langsung
strategi ke arah yang IT distributor internasional, memiliki pilihan
untukkembali ke asal-usul dalam situasi yang buruk. '...Acer selalu
mempertahankan pilihan untuk kembalimenjadi pemasok komponen dan sistem yang
dijual oleh big merek nama.
Kekuatan Acers ukuran dan fleksibilitas akan memungkinkan
perusahaan untuk beradaptasi dengan industri komputer yang berubah dengan
cepat.Ancaman ada adalah penghalang ekspansi mungkin karena untuk Acer filsafat
untuk menyebarkansahamnya di seluruh semua anak perusahaan dan mitra;
perusahaan bisa memiliki masalahekspansionisme. ' Taiwan ditegakkan ketat
Proteksionis hambatan terhadap luar modal... adalembaga asing diizinkan untuk
memiliki lebih dari 7,5% dari perusahaan yang terdaftar di Taiwan.
Komentar:
Perusahaan
ini melakukan
§ Strategi
generik merupakan suatu pendekatan strategi perusahaan dalam rangka mengungguli
pesaing dalam industri sejenis. Kelemahan: PC, laptop dan pasar ponsel sangat
kompetitif dan memerlukan inovasi sering untuk menjaga atau melebihi harapan
2019% pelanggan. Laptop pelanggan mengharapkan fungsi barudan peningkatan daya
komputasi setidaknya sekali setiap tahun. Inovasi dan perubahan permintaanpasar
kebutuhan rantai pasokan yang kuat dan fleksibel untuk mengeksekusi inovasi
yang sukses dan mengantarkan mereka ke pasar sebelum kompetisi.
§ Strategi
Kepemimpinan Biaya Menyeluruh (Overall Cost Leadership)
Cirinya
adalah perusahaan lebih memperhitungkan pesaing daripada pelanggan dengan cara
memfokuskan harga jual produk yang murah, sehingga biaya produksi, promosi
maupun riset dapat ditekan, bila perlu produk yang dihasilkan hanya sekadar
meniru produk dari perusahaan lain.dengan terbukti Harga produk Acer yang
rendah cukup kompetitif untuk bersaing dengan pesaing terkuat dan memperoleh pangsa
pasar laptop murah.Pada tahun 200 Acer memulai transformasi untuk pemasaran dan
layanan produk IT. Sejak saat itu Acer telah memperkuat daya saing perusahaan
mereka dengan mengadopsi model bisnis saluran yang unik, yang memungkinkan
kontrol kuat dari merek, pemasaran, teknologidan produk, global logistik, dan
layanan kapasitas.
No comments:
Post a Comment